istilah-istilah dalam kuliah

mungkin buat yang udah kuliah ini gak penting dan buat yang baru mau kuliah juga gak begitu penting, soalnya ntar tau sendiri. tapi gak ada salahnya ekspresi ku buat artikel ini ya itung-itung berbagi, soalnya ekspresiku baru tau istilah kuliah itu setelah kuliah. sebelum kuliah mana tahu apa-apa..:)

oke langsung cekidottt aja iya.. :

  • SKS
Satuan Kredit Semester (SKS) jadi inget bukan sistem kebut semalam iya ..:) nah SKS ini adalah Jumlah Jam yang akan kita  tempuh dalam semester dan harus kita selesaikan dalam satu semester itu, biasanya SKS itu maksimal 24, nah kalo udah lebih itu gak tau teknisnya. :) dan dalam satu mata kuliah itu biasanya terdiri dari beberapa SKS, mulai dari satu ampe gak terbatas sih tergantung kebutuhan yang sudah distandarkan oleh pihak Kampus. dan bisanay SKS ini jumlah yang boleh kita ambil tergantung dari KHS nya (untuk KHS entar ada pembahasan sendiri iya..:) tapi kalo untuk semester satu biasanya udah di Paketin sobat..:)

  • KHS
Kartu Hasil Study (KHS), untuk KHS sendiri adalah kartu yang isisnya hasil study kita waktu semster yang udah kita lewatin. nah biasanya di KHS akan ada IP, dari IP itu sendiri bakal nentuin berapa SKS yang boleh kita ambil.
  • KRS 
Kartu Rencana Study (KRS), kartu ini tadi kebalikan dari KHS. kalo KHS itu Mata kuliah udah ada nilainya. kalo KRS itu isinya mata kuliah yang kita ambil untuk satu semesternya. jangan ampe ilang iya kartu ini buat kenang-kenangan..:)

  • KTM
Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), yang ini pasti udah tau semua kan. biasanya kartu ini banyak fungsinya, bisa jadi kartu perpus, bisa juga jadi ATM dan multifungsi lah gayanya..:)

  • IP
Indeks Prestasi (IP), istilah ini biasanya untuk jumlah Nilai yang kita dapatkan.  ada dua jenis ini IP. ada IPS dan ada IPK. nah yang nentuin kamu cumlaude atau enggaknya iya IPK mu...:) terus apa sih IPS itu ? IPS (indeks Prestasi Semester) nah ini adalah IP semeter kamu, terus kalo IPK itu apa ? IPK (indeks Prestasi Kumulatif) adalah gabungan dari IPS dan IPS..:)

masih banyak sih istilah-istilah lainnya, cuman untuk dasarnya ini pasti ada gak mungkin gak ada...:) semangat mahasiswa indonesia...!!! kalo ada yang mau nambahin ayokkk komentt..:) :)

Related Post

6 comments:

  1. Kalau cumlaude sendiri artinya apa kak? Makasih jika berkenan balas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih udah mengunjungi blog sederhana saya ini..
      kalo cumlaude itu adalah mahasiswa yang mendapatkan IPK diatas 3,51

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua mahasiswa wajib gak dapat KTM?
      Terimakasih jika di bls😊

      Delete
    2. bukan wajib sih tapi lebih tepatnya kebutuhan kita sebagai mahasiswa, karena itu yang bakal jadi identitas kita jika diperlukan

      Delete
  3. Bang, jelasin lebih rinci dong tengtang KRS? Di KRS itu ada matkul yang bisa kita pilihnya??

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan bijak... :)