BEASISWA KULIAH GRATIS



Siapa sich yang gak mau kuliahnya gratis, walau pun gak semuanya gratis tapi setidaknya bisa meringankan pengeluaran yang harus di siapkan orang tua kita untuk biaya kuliah. Dan tentu saja ini tidak berlaku buat orang yang sudah cukup bahkan berlebih.

Yang jadi pertanyaan, ada gak sich kuliah yang gratis total ? ya tentu saja ada dan itu sudah pasti pemerintah itu gak mau melihat anak bangsa ini menjadi bodoh karena tidak kuliah. Tapi jangan salah banyak insinyur yang gak perlu makan bangku sekolah tapi pintar, ya itu karena memang udah punya tekad untuk tidak perlu sekolah untuk sukses dan itu sangat tepat dikatakan orang yang beruntung. Nah itu kan orang beruntung, buat kita yang belum beruntung gimana ? gak ada salahnya kita nyoba peruntungan kuliah. Kalo gak ada biaya mau kayak mana ? cukup kita berpegang dengan kalimat “jika ada kemauan maka akan ada jalan.”

Ini saya ambil dari kisah saya sendiri, dimana saat itu orang tua saya mengatakan kalau saya tidak akan kuliah jika gak ada biaya. Nah saat itu saya memutar otak bagaimana caranya saya bisa kuliah, sedangkan kalau mau menunggu orang tua saya punya duit maka gak akan pernah ada duit lebih. Semenjak masuk kelas tiga SMA saya mencari informasi tentang beasiswa yang memberikan fasilitas gratis. Dan saat itu tidak sama sekali saya temukan, gak hanya itu saya acak-acak internet yang menyediakan berbagai informasi. Yang pertama kali keluar adalah bidik misi yaitu program pemerintah yang memiliki visi memutus mata rantai kemiskinan, dan disitu fasilitas duit kuliah dan duit saku. Tapi itu tak semudah yang saya mimpikan, dan dengan kesulitan itu saya belajar bagaimana menghadapi kesusahan dan kegagalan. Karena pada saat itu saya gagal untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi.

Nah memang jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang indah itu harus melalui hal yang susah dahulu, jadi tidak ada kebahagiaan yang di dapat tanpa proses. Terus saya berusaha untuk dapat menjadi orang yang sukses karena pikiran saya, saya lulusan SMA mau jadi apa karena pada saat itu saya tidak punya keahliaan. Dan banyak proses yang saya lalui dan ikuti untuk mendapatkan beasiswa, dan itu tidak hanya satu program yang saya ikuti. Dan benar saja saya percaya dengan kekuatan usaha dan doa, setelah beberapa kali gagal saya mendapatkan keberhasilan. Walau pun itu adalah amanah yang harus saya pertanggung jawabkan. Saya mengalami tiga kali kegagalan dan yang ke empat baru berhasil itu di alami dalam waktu satu bulan.

Sekarang yang jadi pokok bahasan apa sich yang perlu kita siapkan untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis ini ? mungkin akan saya jelaskan langkah-langkahnya.

Niat
Ya tentu saja yang pertama itu adalah niat dulu, Niatkan kalau kita ingin menuntut ilmu dan membahagiakan orang tua tentunya.

Prestasi
Iya, karena pokok bahasan kita adalah beasiswa gratis tentu kita harus menyediakan segudang prestasi baik itu akademik maupun non akademik. Lha terus kalau kita gak punya prestasi kayak mana dong ? itu yang menjadi pertanyaan saya juga sampai saat ini tidak terjawab. Apakah beasiswa itu untuk orang yang berprestasi saja ?

Informasi
Nah ini sangat penting kita harus selalu update informasi, jadi jangan sampai kita di cap sebagai ms/mr kudet dech kan itu gak enak banget. Kita harus update terus tentang beasiswa, itu lah pentingnya komunikasi. Jadikan alat komunikasi sebagai alat yang bermanfaat bukan sebagai alat untuk hal negatif.

Usaha dan Do’a
Dua kata ini tidak dapat dipisahkan lagi, sehingga kita harus menandai otak kita dengan kata-kata luar biasa ini “usaha tanpa do’a itu sombong dan do’a tanpa usaha itu bohong.”

Jangan mudah putus asa
Gagal adalah hal biasa, jadi dengan adanya kegagalan itu bisa menjadikan kita pribadi yang kuat. Justru yang ditakutkan adalah orang yang selalu berhasil, lah kok bisa ? ya iyalah bisa, kenapa gak bisa. Jika orang yang selalu berhasil tiba-tiba gagal itu biasanya dia akan sangat terpukul tentu saja dia akan malu dan dengan rasa malu itu bisa membuat orang tersebut stress. Nah kalau udah stress bisa aja kan bunuh diri. Ya, nauzdubillahiminzalik lah jangan sampai kita begitu.

Mungkin persiapan nya itu dan yang harus diperhatikan dalam memilih beasiswa mungkin ini yang harus saya sampaikan, dan ini harus jadi bahan pertimbangan teman-teman pencari beasiswa. Jika beasiswa itu menawarkan gratis total dan mempunyai embel-embel untuk orang tidak mampu itu biasanya tanpa duit pendaftaran, karena kalau ada duit pendaftaran itu sama saja pembodohan. Gimana bisa ? secara logika aja kita kan daftar itu karena gak punya duit kalau punya duit ya ngapain kita daftar gratisan ntar malah kita jadi gak punya duit beneran kan gak lucu. Dan kalau pun dalam mempersiapkan persyaratannya banyak duit yang harus kita keluarkan itu masih dalam tingkat kewajaran dech.

Oke, mungkin berbaginya cukup sampai disini semoga bermanfaat dan bisa dijadikan bahan untuk pintar-pintar memilah dan memilih. baca juga artikel Kuliah, Apa Sich Persiapan Kuliah Itu ?

Related Post
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

berkomentarlah dengan bijak... :)