Bersyukur bisa kuliah





SNMPTN ??? wah keren iya kalau denger satu kata ini. Apalagi keterima jalur tanpa test atau bisa disebut seleksi nilai raport. Iya jadi kali ini ekspresi ku mau sedikit cerita, banyak berbagi...hehehe (tuh ekspresi ku baik kan ? wkwkw )

Sebenarnya sih bisa dikatakan ini cuman cerita yang gak begitu penting, tapi semoga menginspirasi lah apalagi buat temen-temen yang belum beruntung, hahaha berbicara tentang keberuntungan nih iya. SNMPTN itu memang ajang keberuntungan, nah lo kok bisa ? iya bisa lah say. Orang dulu temen aku yang dari SMP dapet juara umum terus sampe SMA tapi dia gak jebol di SNMPTN, hehehe jadi ini jelas murni keberuntungan kan jadi bukan karena pinter atau apalah namanya itu.. :)

Oke dari pada muter-muter ekspresiku mau kasih pesen nih buat adek-adek yang baru aja gagal SNMPTN kemaren, semoga cerita ku ini menginspirasi adek-adek buat tetap berjuang dan berusaha serta berdoa untuk dapat melanjutkan kuliah ke perguruan Tinggi (jangan salah loh, kuliah itu belum bisa dikatakan sukses !!!)

Cerita nya tepat 2 tahun yang lalu, pada waktu itu ekspresiku seneng banget karena bisa lulus dari SMA. Tapi sayang kesenangan ku atau bisa di bilang kebahagiaan ku cukup sampai sore aja. Kenapa ??? iya betul banget sobat ekspresi aku GAGAL masuk Universitas Yang aku mimpi-mimpiin banget. Aku GAGAL SNMPTN ???

Kasiannn sih ampe status di FB ku penuh banget, sore itu ekspresi ku nangis sampe jam 12 malam, dan gak bisa tidur. Rasanya itu kayak jatuh dari pohon Pinang ... sobat tau kan pohon pinang tinggi nya semana ? (hehehe biasa rumah ekspresi ku dihutan) wkwkwk :) sakit banget sobat hahaa sakit menanggung malu maksudnya. Alayyyyy.. :)

Iya sobat, tapi ekspresi ku tetap semangat malah semangat banget, ekspresi ku nyoba lagi buat daftar SNMPTN Tulis (sekarang SBMPTN), kesana kemari ngurus pendaftaran. Mintain buku temen ekspresi ku yang ikut bimbel tapi udah keterima SNMPTN. Ya ekspresi ku sih belajar tapi tetap gak maksimal (orang gak ngerti geh..)

Tau gak sobat untuk nyari tempat test nya aja ekspresiku sampe nyasasr-nyasar, hehehe biasa orang kampung masuk kota lah iya, udah gitu dilampu merah bener-bener kayak orang kampung (emang kampung sih). Jadi biasanya di Lampu merah itu ada bacaan (BELOK KIRI LANGSUNG), sebenarnya sih gak nunggu lampu merah untuk belok kiri tapi nunggu lampu merah buat belok kanan (nah apa lucunya??). hehehe jadi dengan PD nya ekspresi ku bersama temennya berenti disebelah kiri jalan, udah di talakson keras banget sama mobil udah antrian dibelakang mau belok gak bisa gara-gara kami tutupin jalannya, udah gitu dengan ekspresi yang gak berdosa kami diem aja... :) jadi bahan tertawaan sih sebenarnya, tapi gak papa maklum lah iya.. :)

Aduh kok keluar jalur iya ??? ya udah lanjut iya, jadi ekspresiku test tulis lah. Nah pas sehari sebelum pengumuman hasil test tulis ekspresi ku punya ritual sendiri, alasannya sih biar kuat mental menerima apapun keputusan hasil test tulis tapi kayaknya ada maksud lain. Pengumumamnnya kan abis magrib nih iya, internetnya tuh kan lola’ banget udah gitu karena berjuta-juta orang yang buka jadi agak bermasalah. Tapi tetap hasilnya GAGAL lagi ???

Nah loh kok bisa ??? padahal kan udah berusaha banget. Belajar udah, doa udah, tapi kok masih gak keterima ??? wajar lah iya kita positif thinking aja pasti ada yang lebih baik dari itu. Ya udah deh mau nangis malu, mau gak kuliah lebih malu lagi.

Usaha  belum usai coyyy, sebelum darah ini berhenti mengalir seorang ekspresi ku tak boleh nyerah, harus tetap semangat dan yakin bahwa SAYA PEMENANGNYA. Ekspresiku daftar lagi di sebuah beasiswa yang diadakan oleh KEMENPERIN (KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN), ya tuhan ujan-ujan udah gitu syaratnya bejibun dan bikin rambut dikepala pada rontok dan kantong jadi bolong.. :)

Tapi gak papa lah iya namanya juga usaha, nah dari situ juga kebetulan ada program beasiswa yang diadakan oleh Kampus yang sangat terkenal di provinsi ku, disitu aku ikut juga tapi perjuangan ku juga harus terhenti setelah test wawancara (sakit banget di tolak). Tapi tetap semangat dongg SAYA ADALAH PEMENANG !!! kalo di genapin harusnya ekspresiku dapet paket gelas cantik + piring pecah deh kan udah tiga kali GAGAL.

Bapak dari ekspresi ku sampai bilang  gini “ nak kalau ini gak keterima udah iya gak usah kuliah dulu, cari kerja aja dulu. Nanti tahun depan baru daftar lagi” hehehe kebetulan ekspresiku kan nyari kuliah yang gratisan makanya kalau ekspresi ku gak keterima ya gak bakal kuliah, soalnya gak ada biaya. Kalau ada biaya gak mungkin bapak ekspresiku ngomong gitu, sekarang kan banyak sekolah swasta yang beken abisss, kalo ada uang tinggal masuk swasta aja. :)

Nah udah ditolak 3 kali kan ??? pupus harapan ku ??? aku gak kuliah apa bisa aku kerja ?? apa sanggup aku kerja ??? mau ngapain aku kalau gak kerja dan gak kuliah. Galau, frustasi, mau mati aja kalau kayak gini rasanya. Hehehe lebay (jangan heran ekspresi ku memang lebay banget)

Sehabis buka puasa, sambil nunggu shalat teraweh biasalah ekspresi ku dengan kegalauan yang sedang melanda main hape, eh tiba-tiba ada temanku yang nelpon.
“hallo ded...”

“ iya hallo by,,, “

“selamat iya ded,,, ciee yang udah keterima kuliah”

“astaga apa maksud nya, kamu mau ngehina saya, iya saya tau kamu udah keterima di universitas terkenal, mentang-mentang aku gak ada yang nerima, tapi gak usah gitu sih” dengan nada marah dan kesel ekspresi ku ngejawab.

“ya ampun maaf ded, saya kan gak tau. Tadi saya dapet kabar dari dewe, ya udah kalo enggak saya minta maaf”

“ngomong-ngomong aku keterima dimana iya ???” tanya ekspresiku penasaran karena kayaknya ada yang ekspreiku lupain.

“itu loh yang kalian daftar melalu dinas itu “

“AAAPPPAAA ? oh ya udah makasih iya by, ntar aku check dulu. Sekarang aku mau teraweh dulu.”

“oke..”

Setelah shalat teraweh dengan rasa deg-deg serrrr ekspresi ku ke warnet untuk memastikan, dan jeng....jeng... aku keterima di JOGJA (jogja men) mimpi aku banget bisa kuliah di jogja walaupun bukan di universitas yang aku mimpi-mimpi in dulu... :)

Nah setelah panjang lebar gak karuan apa sih intinya dari cerita ini ??? iya kita bisa petik pelajaran dari kegagalan dan kegigihan yang ekspresi ku alami sendiri. Dan perlu ekspresi ku kasih tau dan inilah yang paling penting.

Kegagalan itu bukan karena ALLAH gak sayang justru karena dia sayang dan dikasih lah yang paling bagus dan pas dengan kita.

Ceritanya ekspresi ku ini mau lanjut kuliah dengan beasiswa karena terkendala BIAYA dan ekspresiku pengen ngebuktiin ke orang-orang bahwa tanpa biaya ekspresiku bisa kuliah.
Ini pelajarannya :

1.       Ekspresi ku daftar bidikmisi baik SNMPTN dan SBMPTN (dapat biaya kuliah + uang saku)
2.       Ekspresi ku daftar beasiswa dari UNILA (dapat yaitu biaya kuliah saja)
3.       Ekspresi ku daftar beasiswa kemenperin (dapat biaya kuliah + uang saku)


Kemungkinan yang terjadi :
1.       Mungkin kalau ekspresiku dulu keterima bidikmisi sekarang pasti bakal nangis-nangis mikirin uang kost, biaya makan, biaya buku, biaya main, biaya kunjungan dan biaya-biaya lainnya apalagi uang saku yang dikasih itu gak akan mencukupi setiap bulannya. Apalagi denger-denger dari temen ku sering telat uangnya keluar udah gitu katanya masih minta smaa ortu lagi (hehehe maaf rasis)

2.       Kalau ekspresiku keterima di unila dulu mungkin bakal pusing juga karena kebanyakan teman ku yang keterima beasiswa itu sekarang banyak yang ngambil sisa kuota bidikmisi. Dan kejadiannya mungkin akan sama dengan point pertama atau bakal bingung sendiri karena biaya hidup..

3.       Nah alhamdulillah syukur yang tiada tara kepada Allah yang telah memberikan yang paling baik dari yang terbaik. Dia berikan yang bener-bener pas. Bahkan uang saku yang diberikan bisa saya tabung dan gak pernah minta uang dari orang tua lagi. Dan dari sinilah ekspresiku sadar bahwa “ALLAH MEMBERIKAN APA YANG KITA BUTUHKAN BUKAN APA YANG KITA INGINKAN”

Apa sih sobat ekspresi yang bisa di petik dari sini, iya kita harus yakin bahwa kegagalan di SNMPTN itu bukan hal buruk. Allah itu tau batas kemampuan sobat, dan Allah akan memberikan yang terbaik buat sobat.

Saya sendiri sobat yang sudah mengalaminya, memang berat kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita ingin kan, tapi ada hadiah dari Allah yang lebih baik. Maka minta lah kepada Allah yang terbaik, jadi jangn terlalu memaksakan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Karena banyak kejadian diantara teman-teman ekspresi ku yang tidak nyaman dengan kuliahnya karena terlalu memaksakan. Pendam gengsi mu sobat, daftar lah ke perguruan tinggi yang kamu inginkan tapi jangan lupa tetap berdoa “MINTA YANG TERBAIK” oke2...:)

Related Post

2 comments:

  1. numpang copas ya gan
    http://jenicarles.tumblr.com/

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan bijak... :)