Jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia



Perguruan tinggi di indonesia sudah tidak bisa dihitung lagi berapa jumlahnya karena begitu banyaknya yang bertebaran hingga pelosok nusantara. So, tidak begitu sulit saat ini untuk menentukan pilihan kuliah yang memang benar kita inginkan. Tapi yang perlu diperhatikan kita juga harus membedakan tempat kuliah yang seperti  apa yang kita cari ?

Oke, untuk memudahkan sobat ekspresi dalam menentukan pilihan perguruan tinggi ekspresi ku akan ngasih gambaran jenis-jenis Perguruan Tinggi yang ada di indonesia. Emang ada jenisnya ? kok baru tau iya ?, hehehe jelas ada dong walau pun gak banyak jenisnya tapi ini adalah sebagai pertimbangan buat sobat menentukan pilihan. Kalo gitu kita cekidot aja dech :

Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
Iya pastinya sobat ekspresi udah tau dong apa yang dimaksud dengan PTN ini, yuppz bener banget. ini di pegang langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang artinya subsidi yang didapatkan oleh mahasiswa langsung dari Kemendikbud. Jangan salah lho mahasiswa itu juga mendapatkan subsidi dari pemerintah. Karena kalo kuliah tidak disubsidi itu bayaran nya sangat mahal sama kayak SMA kalo tidak ada subsidinya, jadi bersyukurlah kalo bisa masuk di Perguruan Tinggi Negeri. Nah selain itu juga yang masuk kedalam jenis PTN ini harus mengikuti peraturan Kemendikbud yaitu mengadakan seleksi secara masal dan serempak seluruh indonesia, walau pun disamping itu juga ada waktu tersendiri PTN mengadakan seleksi berdasarkan kebijakan PTN masing-masing.

Nah untuk PTN sendiri mungkin sobat ekspresi sudah punya jagoan nya masing-masing, mulai dari PTN terkenal sampe PTN yang kece banget. Hehehe tapi hati-hati sobat ekspresi jangan sampe asal pilih aja. Karena kalo salah-salah bisa berakibat fatal loh sobat. Kok bisa fatal ?, ya iyalah sobat, yang harus sobat perhatiin itu yang pertama prospek kerja jurusan yang akan sobat pilih, selanjutnya lihat lah akreditasi pada jurusan sobat, setelah itu baru lah pilih PTN yang sobat inginkan.

Begini sobat kenapa kita harus memperhatikan prospek kerja, agar kita tidak menyesal nantinya saat lulus. Nah, yang kedua itu adalah akreditasi, emang penting iya ?, jelas sangat penting karena untuk kerja biasanya minimal akreditasinya itu B sobat. Nah yang terahirkan PTN yang akan sobat pilih itu terserah sobat aja deh karena menurut ekspresiku semua PTN itu sama saja. Tergantung dari pribadi sobat masing-masing.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS)
Nah yang ini sobat ekspresi udah tau juga kan  ?, jelas dong udah tau. Banyak orang mengatakan kalo PTS itu biaya kuliahnya mahal. Tapi perlu sobat tau, PTS itu gak semuanya mahal dan yang terpenting PTS di indoensia ini bagus-bagus kok sobat. Jadi jangan khawatir deh kuliah di PTS itu yang penting kalo sobat ada kemauan pasti ada jalan.

PTS ini biasanya milik badan swasta, jadi kalo sobat mau milih PTS. Carilah informasi sedetail-detailnya baik dari alumni sampe mahasiswa PTS tersebut. Karena jangan sampe sobat Cuma nyari murahnya aja, terus sobat asal ambil aja. Tapi over all PTS sama PTN itu sekarang sudah banyak yang setara hasil didikannya, jadi gak perlu khawatir lagi dong sobat memilih PTS ? masalah isu biaya mahal mah banyak beasiswa yang bertebaran di PTS tersebut.

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)
Mungkin sobat ekspresi juga gak kalah update nya mengenai PTK ini, tapi gak sedikit juga yang masih kebingungan. Jadi PTK ini adalah perguruan tinggi yang berada dibawah kedinasan, sehingga dia tidak diurus langsung oleh Kemendikbud. Nah kalo gitu siapa dong yang ngurusin PTK ini ?, PTK ini diurus langsung oleh kementerian yang menaunginya.

Nah bedanya PTK dengan ikatan dinas itu apa ?, ya jelas beda dong. Kalo PTK itu kan biasanya Perguruan Tinggi yang memiliki konsentrasi ilmu mengacu kepada kebutuhan jajaran formasi kementerian yang menaunginya Contoh, kementerian keuangan yang memiliki Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Sedangkan ikatan dinas itu biasanya setelah selesai kuliah mahasiswanya langsung di tarik oleh dinas terkait, jadi gak repot-repot cari kerja.

Di indonesia ini juga banyak kok PTK nya, mungkin yang paling populer itu seperti STAN, STIS, IPDN dan lain-lain. Karena PTK ini biasanya ada program ikatan dinas, nah gimana dengan nasib yang tidak ikatan dinas ?, PTK yang tidak ikatan dinas biasanya ada kebijakan tersendiri dari Kementerian yang menaunginya.
Kalo boleh tahu kementerian apa saja sih yang memiliki PTK ? kayaknya menarik tuh. Oke deh akan ekspresiku kasih tau, tapi gak semua iya soalnya gak hapal hehehehe. Untuk lebih banyaknya silahkan googling sendiri aja karena banyak info yang bertebaran kok. Hehe
·        
  •             Kementerian Keuangan
STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
  • ·         Kementerian dalam negeri
IPDN (Institut Pemerintah Dalam Negeri)
  • ·         Kementerian Sosial
STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial)
  • ·         Kementerian Perhubungan
STPI (Sekolah tinggi Pernebangan Indonesia)
  • ·         Kementerian Perindustrian
STMI (sekolah Tinggi Manajemen Industri) Jakarta
APP (akademi Pimpinan Perusahaan)
STTT (sekolah Tinggi Teknologi Tekstil) Bandung
ATK (akademi Teknologi Kulit) Yogyakarta
AKA (akademi Kimia analisis) Bogor
ATIP (akademi Teknologi Industri padang)
ATIM (Akademi teknik Industri Makasar)
PTKI (Pendidikan Teknologi kimia Industri) medan

Nah masih banyak lagi PTK bertebaran diseluruh indonesia, tinggal Pilih aja Sobat. Dari sekian banyak PTK gak semuanya kok ikatan dinas dan tentunya yang tidak ikatan dinas juga prospeknya kedepan cukup menjanjikan juga kok. Karena gak mungkin ada PTK kalo gak dimanfaatkan oleh lembaga yang menaunginya, ya gak sobat ? hehe
Nah sobat ekpsresi gimana udah ada gambaran kan mau ngelanjut dimana ?, tinggal pilih aja mau yang kece PTN banyak loh, mau yang Oke PTS gak kalah, atau mau yang beda ke PTK aja deh. Hehe semua tergantung sobat sendiri kok. Gak ada gunanya juga kok sobat milih PTN terkenal didunia kalau sobat sendiri juga gak serius kuliahnya. Jadi apapun pilihan sobat itulah yang harus dijalani dengan serius. Oke... ­*keep smile

Related Post
Comments
0 Comments