Belajar Berwirausaha Muda



Siapa yang tidak kenal zuzberg,? Iya, dia adalah orang yang menciptakan jejaring social facebook yang sampai sekarang masih eksis dan semakin banyak penggunanya, dan menurut saya ini tidak akan pernah ada matinya. Semua tahu  Zuzberg tidak begitu saja mendapatkan apa yang dia inginkan, bahkan dia hampir saja di drop out dari kuliah karena ulahnya yang ingin membuat situs yang dapat menghubungkan orang yang  jauh, tentu saja sekarang bisa ia nikmati perjuangannya. Bahkan kita juga bisa mengembangkan usaha kita melalui situsnya karena ini tidak hanya berhubungan dengan teman-teman saja. Tentu saja ini bisa di jadikan sebuah motivasi oleh wirausahawan muda di Indonesia.

Di Indonesia Perkembangan wira usaha masih  sangat tertinggal dengan Negara lain dan ini di sampaikan oleh wakil presiden yang saya kutip dari internet, “Berdasarkan survey dari Bank Dunia pada 2008, koefisien wirausahawan Indonesia hanya 1,56% dari total penduduk,” papar Boediono. Angka tersebut, kata Boediono, lebih rendah dari negara tetangga, yakni  Malaysia 4% dan Singapura 7,2%. 

Maka sudah sepatutnyalah tugas generasi muda untuk merubah pola berpikir yang konsumtif menjadi produktif, tentu saja untuk kemajuan wirausaha di negeri ini. Hal-hal yang sangat penting untuk menjadi wirausaha tentu saja dibutuhkan persiapan dan usaha seperti apa yang akan di geluti oleh orang yang  mau memulai menjadi wirausahawan.

Hal-hal yang harus di persiapkan sebelum menjadi Wirausahawan

Untuk menjadi wirausahawan muda tentu saja kita membutuhkan persiapan. Persiapan-persiapan tersebut yang  mudah dan  efektif untuk di lakukan oleh calon wirausahawan muda, antara lain persiapan mental, pengetahuan, dan finansial.

a.      Persiapan Mental
Persiapan mental ini bertujuan untuk mempersiapkan wirausahawan menghadapi masalah-masalah yang akan muncul ketika akan memulai menjadi wirausahawan. mulai dari persiapan terhadap ancaman kegagalan, karena kebanyakan orang yang mentalnya tidak siap dalam menghadapi kegagalan maka dia akan berhenti dan takut untuk melanjutkan usahanya. Maka dari itu tidak ada salahnya kita harus mempersiapkan  jika menemui kegagalan, selain dari mental menghadapi kegagalan  wirausahawan muda juga harus kuat apabila mengalami kerugian. Tidak hanya dua masalah ini saja akan tetapi banyak masalah yang tak terduga, sehingga mental ini sangat penting untuk dipersiapkan.

b.      Persiapan Pengetahuan
Mental saja tidak cukup untuk persiapan menjadi wirausahawan muda, penegetahuan juga dibutuhkan dalam hal ini. Pengetahuan seperti apa sih yang perlu di persiapkan ? bukankah banyak wirausahawan yang sukses itu hanya Lulus SD bahkan SD saja tidak Lulus, memang benar pernyataan tersebut  akan tetapi mereka mempunyai latar belakang belajar dari pengalaman. Nah buat kita yang belum berpengalaman tentu saja kita membutuhkan pengetahuan yang  akan dijadikan sebuah persiapan  dalam memulai usaha. Misalnya, Mengenai usaha apa yang akan kita geluti, permintaan yang bagaimana yang masih dibutuhkan pasar terkait usaha kita, bagaimana sistem yang akan kita gunakan dalam promosi usaha kita, tentu saja itu membutuhkan sebuah pengetahuan yang tidak main-main.

c.       Persiapan Finansial
Memang persiapan finansial ini tidak terlalu penting, karena banyak  sekali orang-orang yang sukses tanpa modal.  Akan tetapi tidak sedikit dana yang harus kita korban kan untuk mulai usaha dan ini tidak perlu di khawatirkan karena ada usaha yang cukup dengan kita duduk saja bermodalkan teknologi.

Contoh-contoh usaha kecil
Untuk memulai menjadi wirausahawan muda tentu saja yang pertama kita harus miliki adalah Niat dan tidak  berpikir terlalu jauh ingin langsung  memiliki perusahaan yang besar, boleh saja punya keinginan untuk memiliki perusahaan besar akan tetapi yang harus jadi pegangan kita saat ini adalah semua itu butuh proses. Maka dari itu yang paling pertama kita tanamkan adalah Niat, karena jika ada uang tapi tidak niat untuk menjadi wirausahawan maka tidak akan sukses usahanya karena itu dilakukan dengan keterpaksaan. adapun usaha yang cukup mudah untuk dilakukan oleh orang yang ingin memulai usahanya berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan, antara lain :

a.      Memulai dari hal yang kecil
Tidak usah terlalu berpikir kita harus langsung membuka counter pulsa yang besar jika kita bisa menjual pulsa dengan modal yang sedikit. Ini adalah contoh usaha yang pernah saya lakukan saat masih duduk di bangku SMA dulu, dengan bermodalkan Saldo Rp. 50.000,- di usaha ini memang tidak terlalu besar keuntungannya tetapi dari kecil inilah saya bisa jajan dengan uang saya sendiri. Usaha Ini bisa di ikuti oleh generasi muda yang ingin menghasilkan uang sendiri, nah memang setiap usaha pasti ada hambatannya apalagi menjual pulsa dengan teman. Kalau kita tidak punya keberanian pasti akan segera gulung tikar, karena pasti ada saja yang susah untuk ditagih bayarannya.

b.      Memulai dengan menjual produk orang lain
Sekarang memang untuk jadi wirausahawan itu tidak semua perlu mengeluarkan uang karena banyak sekali industri-industri kecil, menengah bahkan yang sudah sekala perusahaan besar juga membuka system reseller, jadi dengan hanya modal dengkul dan pintar memanfaatkan semua teknologi kita bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Jadi dalam hal ini yang kita harus lakukan adalah mempromosikan barang atau produk orang lain dengan catatan tidak terikat terhadap orang yang membuat produk tersebut, di sini kita juga bisa mengambil keuntungan yang cukup besar jika kita lihai dalam mempromosikan hal ini. Pengalaman saya menjual produk orang lain,  saya promosikan barang-barang yang banyak dibutuhkan pasar,  jadi orang memesan barang kepada saya, setelah sepakat harga dan ongkos kirim, pembeli mentransfer uang kesaya dan saya membelikan barang yang di butuhkan, setelah itu saya kirimkan barangnya. Dan keuntungan yang saya dapatkan pula cukup besar dari sekali transaksi. Nah untuk usaha ini kita juga bisa mencari orang yang bisa kita ajak kerja sama misalkan yang pernah saya lakukan adalah mengajak adik kelas. Tugas adik kelas tadi saya suruh mereka yang mencari pembeli yang merupakan teman-temannya di sekolah untuk membeli barang dari saya. Ya kalau mau modal dikit buatlah katalog mini saja, tapi kalau mau yang gratis pajang foto saja di facebook atau jejaring social lainnya seperti twitter, blog, YM, BBM, dan apapun yang bisa kita jadikan media promosi.

Tidak sulit bukan untuk menjadi wirausahawan ? asalkan ada Niat, rajin, mau belajar, menghargai usaha orang lain, mau kerja keras, tidak pilih-pilih usaha, dan tentunya punya motivasi pemacu untuk apa tujuan kita kerja.

Related Post
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

berkomentarlah dengan bijak... :)